Kamis, 12 November 2015

Tips Memelihara Ular















Memelihara hewan reptil seperti ular bukan barang baru bagi pecinta hewan ekstrem. Kini ular diperdagangkan di mana saja. Meskipun ular tampak menakutkan, tapi bagi pecintanya memelihara ular tak ubahnya merawat kucing atau anjing.
Meski begitu, memelihara ular ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Dikutip dari laman Tempo, berikut tips sebelum merawat ular:
  1. Pikir masak-masak sebelum memelihara ular. Hewan ini memiliki keunikan, yaitu bisa muncul sifat liarnya sewaktu-waktu. Jadi jangan kaget kalau ular sewaktu-waktu bisa mematuk. Amannya, pilih ular yang tidak berbisa dan tetap waspada.Kenali sifat ular yang akan dipelihara.
  2. Trik membeli ular. Bagi pemula, sebaiknya pilih ular mono pohon yang ukurannya punya tebal seperti jari tengah. In untuk meminimalkan risiko dan tidak perlu kandang besar. Selain itu, membeli ular untuk dipelihara ada baiknya dari hasil ternakan karena sudah terbiasa bertemu manusia. Tingkat agresivitasnya lebih terkendali.
  3. Kenali berbagai hal yang perlu dilakukan dalam perawatan ular. Misalnya ular jarang makan karena proses pencernaan berlangsung cukup lama. Makan satu tikus bisa untuk bertahan hidup selama seminggu bagi jenis ular phyton reticulatus. Bersihkan kandang saat kotor. Pahami pula  wataknya, apakah tenang atau agresif. Pastinya, setiap pemilik ular harus siap digigit. Selama terjadi gigitan jangan langsung ditarik karena bisa taringnya malah akan merobek kulit. Biarkan ular melepaskan sendiri gigitanya.
  4. Pada saat ular sakit, tanyakan penanggulangannya pada penghobi ular lain untuk mengatasinya. Pasalnya, masih banyak dokter hewan yang kurang memiliki pengetahuan memadai mengatasi ular. Hal ini berbeda dengan dokterhewan di Australia atau Amerika. Umumnya ular mengalami pilek dengan gejala ada suara napas “ngik-ngik”. Selain itu muncul pula lendir di mulutnya. Saat sakit, kepala ular cenderung kurang mampu mengangkat ke atas kala dijungkirbalikkan. Ular juga perlu dijemur beberapa saat untuk kesehatannya.
  5. Kalau ular mogok makan, berikan makanan dengan menghaluskan pakan yang dimasukkan ke mulut memakai suntikan. Misalnya daging tikus atau hamster diblender lalu dijadikan makanan lembut untuk ular.

1 komentar:

  1. 888sport - DrmCD
    888sport is a gambling company based in Sunderland, England. The company's headquarters 수원 출장샵 are 구미 출장마사지 Sunderland, 서귀포 출장안마 which is an 계룡 출장샵 international 아산 출장샵 airport. 888sport

    BalasHapus